[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_column_text]Wanita selalu identik dengan Belanja, banyak yang bilang hampir semua wanita punya hobi belanja nih bestie! Nggak salah sih sebenarnya yaa..  Siapa sih yang nggak senang memiliki barang baru sesuai tren terkini? Kita bisa merasa lebih cantik dan percaya diri dari sebelumnya. Dan yang paling penting, belanja bisa membuat kita bahagia karena memberi rasa puas saat berhasil membeli barang yang kita sukai.

Walaupun menyenangkan, hobi belanja ini harus tetap dikontrol dengan tepat loooh. Karena rasa senang yang kamu dapat itu sering kali malah membuatmu ingin terus melakukan belanja dan akhirnya uangmu habis tak bersisa sebelum waktunya. Bagaimana cara mengontrolnya? Nih, Lomari kasih tipsnya yaaa!

Alokasikan jatah uang yang sama setiap bulannya untuk belanja setiap bulannya.

Setiap bulan, kamu pasti mendapatkan gaji dari kantor atau uang saku dari orang tuamu. Melihat rekening tabungan yang kembali terisi pasti hasrat belanjamu langsung meningkat. Ingin A, B, C, D sampai Z, tanpa memperhatikan berapa nominal uang yang sudah kamu habiskan. Wah, kalau begini terus bisa bisa kamu nggak makan di akhir bulan nih.

Nah, supaya pengeluaran belanjamu lebih terkontrol ke depannya, coba deh buat anggaran khusus untuk hobimu satu ini. Sebisa mungkin, uang yang kamu anggarkan setiap bulannya memiliki jumlah yang sama. Kalau bulan Januari ini kamu menganggarkan Rp. 500.000, bulan Februari dan seterusnya juga harus tetap berjumlah sebanyak itu. Pokoknya, apapun yang akan kamu beli, hanya uang sejumlah Rp. 500.000 itu saja yang boleh kamu habiskan. Selama cara ini kamu terapkan, pengeluaran belanja berlebihan nggak akan terjadi lagi deh!

Beli barang-barang dari 1 jenis tertentu setiap bulannya.

Nggak hanya uang saja yang perlu kamu atur dan jatahi. Akan lebih baik jika barang-barang yang hendak kamu beli juga nih. Misalnya, bulan Januari adalah saatnya kamu belanja baju, bulan Februari kamu alokasikan khusus untuk menyegarkan koleksi sepatu, dan bulan Maret kamu habiskan seluruh anggaranmu itu untuk membeli tas model terbaru. Cara ini perlu untuk kamu terapkan di setiap bulannya dan pastinya dipatuhi juga ya.

Mungkin awalnya terasa berat karena kamu nggak bisa membeli barang untuk head-to-toe dalam waktu bersamaan. Tapi di sisi lain, kamu justru bisa memiliki barang baru yang lebih beragam. Kalau biasanya kamu sekali belanja dengan Rp 500.000 hanya dapat 1 baju dan 1 sepatu saja, dengan cara ini setiap bulannya kamu bisa mendapatkan lebih banyak. Di bulan Januari, kamu bisa dapat 3 blus dan di bulan Februari, kamu bisa mendapatkan 2 sampai 3 sepatu. Lebih hemat dan menguntungkan kan?

mengatur keuangan

Melakukan Survey barang yang hendak dibeli

Sadar nggak kalau ternyata selama ini uangmu habis untuk belanja barang yang sebenarnya nggak diperlukan? Bahkan mungkin, sebagian besar terbeli hanya karena lapar mata. Memang sih untuk seorang shopaholic barang yang lucu itu nggak bisa luput untuk dibeli. Kalau sengaja tak acuh, bisa-bisa malah kepikiran barang itu seharian penuh. Terpaksa dibeli deh akhirnya.

Untuk itu, biasakan diri untuk menyurvei toko yang akan kamu kunjungi serta harga barang yang kamu kehendaki. Buatlah daftar dan patuhilah dengan hanya mendatangi toko yang tertulis di daftarmu itu. Dengan membiasakan diri seperti ini, perlahan sifat lapar matamu itu pasti hilang deh, karena kamu nggak menghabiskan waktu melihat-lihat barang-barang dan toko yang nggak ada di daftar. Selain itu jangan lupa juga bandingkan harga barang yang hendak kamu beli di toko lainnya, atau di toko online. Barangkali kamu malah bisa dapat sale di toko lain loooh!

Selain survey harga, survey produk juga harus kamu lakuin nih. Belum tentu yang mahal lebih bagus loooh. Coba deh cari local brand daerahmu yang juga memproduksi barang sejenis yang kamu inginkan. Biasanya harganya nggak terlalu tinggi, tapi model dan kualitasnya malah lebih oke loooh! Selain itu, kamu juga bisa jadi trendsetter di lingkungan sekitarmu nih.

Aktiflah mencari informasi toko yang sedang promo

Cara lain untuk membuat belanjamu lebih efektif dan menguntungkan adalah dengan aktif mencari toko atau online shop yang menyediakan promo serta diskon. Memang banyak yang bilang kalau promo diskon itu mengecoh dan membuatmu lebih boros, tapi sebenarnya sih kamu hanya perlu tahu caranya saja supaya tetap hemat. Dan itu pula yang menjadi fungsi dari aktif mencari info ini. Kamu bisa menyurvei toko atau online shop mana saja yang sedang mengadakan diskon dan juga promo. Hemm kalau udah gini wajib sering sering cek Instagram Lomari niiih hihi.

 

mengatur keuangan

Punya hobi belanja dan berjiwa shopaholic nggak salah, kok. Tapi, cobalah untuk menerapkan tips di atas pelan-pelan supaya belanjamu bisa lebih hemat dan efektif yaaa. Selamat mencoba![/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_text_separator title=”BELANJA SEKARANG”][jas_products hover-style=”1″ display=”best_selling_products” limit=”8″ slider=”yes” items=”4″ columns=”3″ issc=”1″][vc_empty_space height=”20px”][/vc_column][/vc_row]

You're currently offline